Jul 29, 2018

Kali ini gw mau cerita soal pasir pup kucing. Pasir kucing merupakan kebutuhan yang pokok dalam memelihara kucing, terutama kucing indoor. Kalau kucing outdoor sih bisa cari tempat pup sendiri di luar. Atau beberapa kucing yg tidak pup di pasir, kayak kucing gw dulu, daei kecil gw ajarin pup di toilet. Alhasil, repot sendiri dh, karna sering pas mandi kucing gw ribut berisik depan pintu kamar mandi mau pup. Trus si kucing bisa sih pup di kamar mandi, tapi sayangnya dia gak tau cara siram toilet, jadi nya semerbak banget kamar mandi gw kalau telat disiram.Setelah itu, kucing berikutnya gw biasain pup di kotak pasir. Seperti judul di atas, gw pilih pasir zeolit dong buat kucing kesayangan gw.

Pasir kucing yang dijual dipasaran ada beberapa macem, umumnya, pasir zeolit, pasir bentonite, pasir kristal, dan pasir jenis biodegrade. Masing masing pasir tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pasir bentonite atau lebih dikenal dengan istilah pasir gumpal memiliki keunggulan menyerap air yang tinggi, juga tersedia varian yang wangi, sehingga mengurangi bau dari kotoran/pup kucing. Keunggulan lainnya yaitu pasir bantonite akan menggumpal ketika basah, sehingga kita dapat dengan mudah mengangkat kotoran si kucing untuk dibersihkan, dan sisa pasir dapat digunakan kembali, so practice. Makanya pasir jenis ini harganya lumayan. But, kekurangan pasir ini jika tertelan bisa menyebakan gangguan penyakit pencernaan, dan poppy pernah mengalami itu, ginjalnya bengkak, karna seringnya pasir bentonite tertelan si poppy. Keunggulan pasir yang menggumpal jadi masalah juga ternyata, karna waktu si poppy pipis dan kena kakinya sehingga kakinya basah, pasir bentonite sering menempel di kakinya dan sulit lepas, jadi si poppy sering gigitin bulu di kakinya untuk melepaskan pasir yang menempel. Mungkin saat itu pasir tertelan. Sampai-sampai ginjal sebelah kanannya bengkak dan jadi pipis berdarah.

https://Alofia27.blogspot.com
Pasir bentonite (pasir gumpal)

Pasir kristal, gw belum pernah pakai sih, konon katanya daya serapnya tinggi, harganya pun termasuk yang paling mahal di antara jenis pasir kucing lainnya tapi karna dia dibuat dari bahan kimia, gw jadi sedikit paranoid pakai pasir jenis ini.

https://Alofia27.blogspot.com
Pasir kristal

Pasir biodegrade, gw juga belum pernah pakai pasir jenis ini, jadi belum banyak bisa komen. Cuma dari artikel yang gw baca katanya pasir ini bisa terdegradasi di alam, karna menggunakan bahan alami, harganya pun masih tergolong murah, dan dapat menyerap air dan bau dengan baik.

https://Alofia27.blogspot.com
Pasir Biodegrade

Pasir bangunan, hehe. Gw pernah pakai pasir bangunan buat pup alm. vio, kucing gw sebelum poppy. Karna alasan kepepet lebaran petshop pada tutup semua, terpaksa deh. Hasilnya, mata kucing suka berair, kelilipan, suka bersin-bersin, bulu penuh pasir, dan rumah kotor sama pasir. Buat nyerap bau sih lumayan, tapi debu nya, nyebar dimana", not recommended banget deh.


https://Alofia27.blogspot.com
Pasir bangunan

Pasir zeolit, pasir zeolit merupakan pasir yang banyak ditemukan di alam. Harganya tergolong murah dibanding pasir jenis lainnya. Pasir bentonite bisa mencapai 50ribu s.d 60ribu per 10 kg, di petshop langganan gw, sedangkan pasir zeolite cuma 45ribu per 25 kg. Jauh banget kan. Pasir zeolite biasa dijual pada dengan ukuran diameter 1 mm, 2 mm, 3mm, dan ada juga yang ukuran 5 mm. Kelemahannya, kurang bisa nyerap air dan bau. Kelebihannya bisa dicuci dan dipakai lagi. Tapi gw dan istri males nyuci pasir, jadi kalo udh kotor buang aja deh, secara pasir zeolit murah juga harganya. Dan setelah kejadian poppy sakit ginjal, gw putusin pakai pasir jenis ini terus buat kucing kesayangan gw. Agak repot sih, jadi sering ganti pasir dan cuci kotak pasir. Tapi pasir jenis ini tidak menepel di bulu kaki, tidak takut tertelan, jadi ngerasa aman buat kucing gw, ditambah, ini memang rekomendasi dokter hewan sih, selama proses penyembuhan poppy waktu sakit ginjal. Anyway, banyak kucing kayaknya aman pakai bentonite. Tapi buat gw pribadi, gw lebih suka yang aman buat kucing kesayangan gw, poppy. So, gw bakal selalu pilih pasir zeolite buat poppy, si kucing kesayangan gw. Inget kata bu dokter, yang alami lebih sehat.
https://Alofia27.blogspot.com
Pasir zeolite


1 comment:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

INSTAGRAM

Powered by Blogger.

YOUTUBE CHANNEL

Ikuti Juga Blog Kami Lainnya

 

 

Popular Posts