Jul 29, 2018

Buat para catlovers pasti udah pada tau istilah grooming. Ya, grooming adalah istilah mandi untuk kucing. Pada dasarnya setiap kucing sudah memiliki kebiasaan bersih, mereka biasa mandi sendiri atau dikenal dengan istilah self-grooming.
Kenapa kita perlu grooming kucing kesayangan kita??? Kita tau kucing biasa mandi sendiri, kenapa kita mesti repot mandiin kucing lagi?? Tidak semua bagian pada kucing terjangkau oleh kucing, seperti pada bagian leher, punggung, dan ekor. Kita mesti membantu kucing kesayangan kita membersihkan diri agar kucing kesayangan kita bebas dari penyakit.
Kenapa harus grooming??
Hairball, hairball merupakan masalah umum pada kucing terutama kucing berbulu panjang seperti persia dan anggora. Hairball pada dasarnya merupakan gumpalan bulu yang tertelan ketika kucing melakukan self-grooming. Kucing menjilati bagian tubuhnya, sehingga banyak bulu-bulu rontok yang tertelan dan menggumpal di perut kucing, sehingga seringkali menyebabkan kucing mencret atau muntah. Dengan grooming yang rutin, kita bisa mencegah terjadinya kejadian tersebut.
Infeksi telinga, telinga kucing yang tidak pernah dibersihkan akan menyebabkan penumpukan kotoran di telinga. Kotoran tersebut bisabmenjadi sarang bakteri dan tempat tumbuhnya jamur, sehingga mempertinggi resiko infeksi bakteri dan jamur pada telinga kucing. Lebih parah lagi apabila tidak segera ditangani, kucing akan merasakan gatal yang luar biasa sehingga kucing akan sering menggaruk telinganya. Apabila dibiarkan terus menerus telinga kucing bisa terluka dan menyebabkan peradangan (otitis). Gw pernah ngalamin kasus ini pada kucing gw sebelumnya.
Penyakit kulit dan kutu. Ketika kita melakukan grooming, tentunya kita akan meraba bagian tubuhnya. Saat itu kita bisa sekaligus memeriksa apakah ada kutu ditubuhnya. Apabila ada kutu, biasanya akan terasa seperti ada butiran" dibalik bulunya. Kutu biasanya berwarna coklat kehitaman dan mengkilap.
https://Alofia27.blogspot.comGrooming yang dilakukan yaitu dengan mencuci seluruh bagian dari leher hingga ekornya, kaki hingga sela-sela jarinya menggunakan sampo khusus kucing yang banyak dijual di pet shop. Untuk bagian kepala cukup diusap dengan kain basah, atau dibasahi agar mencegah masuknya air ketelinga dan mata yang dapat menimbulkan masalah baru pada kucing kita. Cara mencuci, gw biasanya menggunakan air hangat, lalu menggosok seluruh badan dan ekor kucing hingga kaki dengan menggunakan shampo khusus kucing, sambil memijat perlahan tubuhnya agar shampo meresap di kulitnya. Setelah itu bilas dengan air hangat. Selajutnya tinggal mengeringkan menggunakan handuk dan hairdryer. Setelah selesai mencuci bagian tubuh, selanjutnya mengelap bagian wajah dan leher dengan hati" agar air tidak masuk di mata san telinga. Selanjutnya terakhir membersihkan bagian dalam telinga. Telinga kucing dilipat keluar agar mudah dibersihkan. Usahakan menggunakan kapas lembab agar tidak melukai kulit telinga kucing.
Berapa kali grooming dalam sebulan?
Katanya sih kalo kucing outdoor, 2 minggu atau 1 bulan sekali, kalau kucing indoor 1 bulan sekali. Kalo gwbsendiri, karna poppy seringnya dalam rumah, gw lakukan grooming 1 bulan sekali atau bahkan lebih, kalau dirasa sudah mulai kotor. Kecuali telinga dan mata. Untuk mata, gw bersihkan setiap pagi dan malam, untuk telinga, gw bersihkan setiap 1 minggu sekali.
Grooming di petshop atau grooming sendiri?
Gw sih pilih grooming sendiri deh. Soalnya pengalaman, poppy grooming di petshop malah stress. Mungkin karna disana tempat asing dan orang" yang tidak dikenal. Kucing akan lebih nyaman jika grooming dengan orang" yang dia kenal dan dia sayang, sehingga dia selalu merasa aman. Dan lagi dengan melakukan grooming sendiri terhadap kucing peliharaan kita, akan menambah kedekatan emosional antara kita dan kucing peliharaan kita.

1 comment:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

INSTAGRAM

Powered by Blogger.

YOUTUBE CHANNEL

Ikuti Juga Blog Kami Lainnya

 

 

Popular Posts