Jul 26, 2018


1 minggu setelah poppy tinggal di rumah baru, poppy kita bawa ke klinik dokter hewan di jalan urip sumoharjo bandar lampung, 3 hari setelah vaksin pup poppy mulai mencret.
Awalnya kita biarkan, pikir gejala normal setelah vaksin, tp lama-kelamaan pup poppy mulai terlihat darah. Wow, kami pun panik, apalagi poppy mulai tampak lemas dan kehilangan selera makan. Akhirnya keesokan harinya kami bawa lagi ke dokter tempat poppy divaksin. Setelah pemeriksaan, ternyata poppy kena masalah ginjal, ginjal sebelah kanan bengkak. Tentunya bukan karna vaksinasi. Selidik" setelah ngobrol" dengan bu dokter, akhirnya dicurigai penyebabnya dari makanan dan pasir pup nya.
https://Alofia27.blogspot.com
Pup poppy bercampur darah
Selama ini poppy kita kasih maxi untuk makanannya, poppy lahap banget kalo makan maxi, sampai gendut banget badannya. Maxi adalah makanan kucing premium dengan harga yang murah. Proteinnya yang tinggi rekomended banget buat bikin kucing gemuk. Tapi ternyata pencernaan kucing kitten pada beberapa kitten tidak kuat mencerna protein yang tinggi. Hasilnya ginjalnya dipaksa kerja berlebih, dan akhirnya bengkak deh ginjalnya. 
https://Alofia27.blogspot.com
Wajah poppy waktu sakit
https://Alofia27.blogspot.com
Poppy demam
Faktor kedua yang dicurigai berikutnya adalah pasir pup kucing. Poppy pun di pasir gumpal wangi (bentonite). Pasir bentonite adalah jenis pasir yang apabila terkena air akan menggumpal. Kami senang menggunakan pasir bentonite karna selain wanggi kemampuannya menyerap air dan menyerap bau nya sangat baik, dan pasir bentonite akan langsung menggumpal ketika basah, sehingga kita mudah banget membersihkan pasirnya. Tinggal angkat kotorannya, bersih deh. Tapi dibalik keunggulannya ternyata ada juga bahayanya. Pasir gumpal sering menempel di sela-sela jari kucing, ketika kucing mandi kadang dia menjilat dan menggigit bulunya yang menyangkut pasir tsb sehingga memungkinkan pasir bentonite/pasir gumpal tertelan dan menumpuk di ginjal atau bahkan di lambung.
Akhirnya setelah dokter melakukan pemeriksaan, kami pun diberi obat, dan disarankan untuk mengganti makanan sementara waktu dengan royal canin renal (royal canin khusus pengobatan ginjal).
Sampai rumah kami langsung ganti pasir pup poppy dengan pasir zeolit. Biarpun kurang menyerap bau dan kotoran yah yang alami lebih aman gw pikir. Biar jadi lebih rajin bersih" kotak pup, yang penting poppy sehat.

https://Alofia27.blogspot.com
Pemberian obat secara oral
Setelah 1 hari pemberian obat secara oral.  Akhirnya nafsu makan poppy mulai membaik. Hari ketiga pup poppy mulai terlihat padat dan poppy kembali lincah kembali. Tapi pemberian obat tetap kita lanjutkan sampai obat habis (1 minggu). Selama poppy tidak mau makan, kami selalu suapi poppy dengan pipet (suntikan tanpa jarum), karna jika tidak makan bisa nambah penyakit lain, dan sebelum makan obat juga, perutnya tidak boleh kosong. Sekarang poppy sudah kembali sehat dan itu terakhir kalinya kami pakai pasir gumpal, mulai sekarang kita selalu pakai pasir zeolit untuk pup poppy, dan mengganti makanan poppy dengan merk royal canin. Yah repot dikit yang penting sehat.

https://Alofia27.blogspot.com
Pup poppy mulai kembali padat
https://Alofia27.blogspot.com
Poppy mulai sehat dan lincah
Semoga ini terakhir kali nya poppy, our beloved fren sakit.






0 comments:

Post a Comment

INSTAGRAM

Powered by Blogger.

YOUTUBE CHANNEL

Ikuti Juga Blog Kami Lainnya

 

 

Popular Posts